Wednesday, October 2, 2024

KARAKTER ORANG SHALAT

Oleh: Muhammad Plato

Shalat adalah ritual berdoa dalam ajaran Islam. Ritual shalat ditandai dengan kegiatan ruku dan sujud. Ritual shalat membedakan pemelik Islam dengan ajaran-ajaran agama lain. Di dalam setiap gerakan shalat selalu ada bacaan-bacaan doa yang diajarkan dari hadis Nabi Muhammad SAW.

Namun demikian, jika dikaji dari sumber Al Quran, shalat membawa dampak pada pola pikir, ucapan, dan tindakan seseorang. Shalat menjadi pembentuk karakter setiap penganut agama Islam. 

Informasi bahwa shalat memiliki dampak pada pembentukkan karakter seorang muslim, dijelaskan di dalam Al Quran. Shalat mencegah seorang muslim dari kekejian dan kemunkaran. Shalat menjaga seorang muslim dari karakter-karakter buruk.

"Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah adalah lebih besar. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (Al Ankabuut, 29:45).

Salah satu ciri dari karakter seorang muslim yang shalat dijelaskan secara spesifik di dalam Al Quran. Ayat ini memberikan gambaran bagaimana secara psikologis manusia akan terjebak pada sifat-sifat buruk, tetapi tidak akan terjadi pada orang-orang tertentu. 

Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir, kecuali orang-orang yang mengerjakan shalat, yang mereka itu tetap mengerjakan shalatnya, dan orang-orang yang dalam hartanya tersedia bagian tertentu, bagi orang yang meminta dan orang yang tidak mempunyai apa-apa, (Al Ma'aaru, 70:19-25).

Karakter orang shalat dijelaskan sebagai sosok yang tidak berkeluh kesah dan tidak kikir. Dalam kondisi apapun orang shalat akan tetap menjaga shalatnya dan di dalam hartanya selalu ada hak orang lain baik mereka yang minta maupun yang tidak meminta. 

Pribadi-pribadi muslim selalu optimis karena dia berprasangka baik pada Allah. Shalat melatih pikirannya selalu fokus pada Allah karena pada setiap gerakan shalat selalu diingatkan dengan kata Allahu Akbat artinya fokus pada Allah.***