Saturday, September 28, 2024

MANUSIA PEMAKAN BANGKAI

Oleh: Muhammad Plato

Manusia pemakan bangkai secara fisik menjijikan. Namun yang harus dipahami, manusia pemakan bangkai yang harus diwaspadai adalah karakternya. Karakter manusia pemakan bangkai bisa kita ungkap di dalam Al Quran. 

Perhatikan fokus kepada ayat Al Qurannya. Apa yang saya bahas di sini bersumber pada Al Quran. Tidak ada tendensi menyudutkan seseorang. Tulisan ini untuk bahan refleksi bagi semua orang jika ingin hidup sehat jasmani dan rohani. 

Dalam penejelasan saya selalu gunakan Al Quran. Mengapa? Al Quran adalah kitab suci peninggalan Nabi Muhammad yang masih bisa diakses sekarang. Usia Al Quran sudah 1400 tahun lebih, kita masih bisa membacaranya sekarang secara otentik. 

Al Quran sangat kaya dengan informasi tentang masa lalu dan masa depan, serta informasi tentang karakter manusia. Al Qur'an juga mengandung informasi diluar imajinasi manusia. Kisah kehidupan akhirat adalah pengetahuan di luar pengetahuan manusia. 

Karakter manusia pemakan bangkai dijelaskan dalam Al Quran. Dalam satu ayat bisa kita analisis dan refleksikan dalam diri sendiri.

"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang." (Al Hujuraat, 49:12).

Karakter manusia pemakan bangkai adalah "mencari-cari kesalahan orang lain kemudian saling menggunjing." Karakter ini pasti pernah dilakukan setiap orang. Namun, orang-orang berpendidikan akan mengendalikannya.

Pola pikir manusia pemakai bangkai cenderung negatif. Pola pikir manusia pemakan bangkai ketika melihat kejadian memosisikan dirinya benar dan yang dilakukan orang lain salah dengan mencari-cari kesalahan. 

Manusia pemakai bangkai, cenderung selalu ingin mendominasi orang lain, emosinya tidak stabil dan mudah tersinggung. Manusia pemakan bangkai demi menutupi kelemahan diri, tidak segan-segan melakukan intimidasi dan bisa melakukan tindakan di luar nalar.

Manusia pemakan bangkan berprilaku abdnormal, dia mengalami kerusakan otak karena sudah tidak bisa memilih mana makanan sehat dan makanan menjijikan. Karakter manusia pemakai bangkai sangat berbahaya dan dapat menular. 

Untuk itu, Allah mengingatkan kepada orang-orang agar berpendidikan. Orang-orang berpendidikan ditandai dengan kemampuan memilih mana makanan sehat dan mana makanan menjijikan. Karakter manusia pemakan bangkai dimiliki semua orang dan setiap orang pasti mengalaminya. Maka Allah mengingatkan untuk mengobatinya, tidak ada cara lain kecuali berhentilah.***  

   


No comments:

Post a Comment