Sunday, September 1, 2024

IBLIS MISKOMUNIKASI

Oleh: Muhammad Plato

Menarik untuk diskusi tentang siapa Iblis. Dalam chat di media sosial ada yang berpendapat, "Ada yg bilang Iblis itu paling taat dalam beraqidahnya (bukan sombong). Iblis hanya mau sujud pada ALLAH lain dari itu tak mau. Beda dengan manusia dalam Aqidahnya.  Gmn menurut @~BOY ME  kang @~Dadang A N @@logika_tuhan @~Ust Jagal  @~Mas Wirta  dan yg lainnya."

"Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam", maka sujudlah mereka kecuali iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turunan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (Allah) bagi orang-orang yang dzalim." (Al Kahfi, 18:50).

Mari kita diskusikan. Saya berbeda pendapat dengan pernyataan di atas, dan tidak berani menyalahkan siapapun, karena saya bukan pemilik kebenaran. Setiap orang hanya sebatas mengeluarkan pendapat, dan diterima atau tidak dikembalikan pada masing-masing. Semoga semua mendapat pahala dari Allah.

Berdasarkan informasi dari Al Kahfi ayat 50, saya memaknai bukan berarti iblis tidak mau tunduk kepada selain Allah. dalam kontek ayat ini, saya memahami, iblis tidak mau tunduk pada perintah Allah. Dalam ayat itu dijelaskan "maka ia mendurhakai perintah Tuhannya". Ini adalah karakter buruk iblis. 

Jadi konteks ayat di atas, Iblis punya karakter tidak taat pada perintah Allah. Seharusnya orang-orang yang benar-benar bertauhid kepada Allah karakternya harus taat kepada segala perintah Allah. Selanjutnya tentang kesombongan Iblis dalam surat Al Baqarah dijelaskan.

 "Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam," maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur (sombong) dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir. (Al Baqarah, 2:34).

Tentang kesombongan iblis, dijelaskan dalam ayat di atas. Ayat di atas menjelaskan karakter iblis adalah sombong. Mengapa sombong? Penjelasannya ada di bawah ini.

"Allah berfirman: "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?" Menjawab iblis: "Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah". (Al A'raaf, 7:12).

Berdasarkan informasi ayat di atas, Iblis tidak mau sujud karena dia merasa lebih baik dari Adam. Jadi Iblis dalam hal ini miskomunikasi. Iblis, dia tidak memahami konteks kejadian sebenarnya, yaitu setiap makhluk harus taat pada perintah Allah.  

Seperti sudah saya jelaskan tadi, konteks dalam kejadian pada Al Baqarah ayat 34, dan Al Kahfi ayat 50, Allah memerintahkan sujud kepada Adam, dan Iblis tidak mau, artinya dia tidak taat pada perintah Allah. Orang yang tidak taat pada perintah Allah, maka itulah karakter orang kafir, seperti dijelaskan pada akhir ayat Al Baqarah ayat 34.

Itulah sedikit penjelasan dari saya. Masalah benar dan tidak bukan urusan saya. Manusia hanya diberi kemampuan menafsir dari sumber informasi yang Allah berikan di dalam Al Quran. Jika anda menerima pendapat ini, imani ayat Al Qurannya. Jika tidak menerima, kemukakan bagaimana pemahaman anda.

Kebenaran hanya milik Allah dan manusia tempatnya salah. Itulah etika berdiskusi. Jadi dalam konteks ini kita tidak berusaha mengklaim siapa benar atau salah, tapi berusaha bertukar pikiran untuk saling berbagi. Tak perlu ada emosi negatif. Semoga bermanfaat. Wallahu'alam.***


No comments:

Post a Comment